Home / Kesehatan

Jumat, 9 April 2021 - 12:31 WIB

Sajian Menu Ramadhan yang Sehat untuk Keluarga

Sajian Menu Ramadhan yang Sehat untuk Keluarga : Selama bulan Ramadhan, Bunda dan keluarga dianjurkan untuk tetap mendapat asupan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi beragam menu sehat, baik itu saat berbuka puasa maupun sahur. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga bisa menjalankan puasa dengan lancar.

Kecukupan asupan nutrisi tidak semata-mata tergantung pada banyaknya jumlah makanan yang disantap, melainkan seberapa besar gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Sebelum masuk ke makanan sehat saat ramadhan, ada beberapa hal yang perlu Anda diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan untuk sahur maupun berbuka puasa, yaitu:

Kurangi asupan makanan yang berlemak, digoreng, makanan olahan, pedas atau terlalu asin karena dapat meningkatkan rasa haus saat menjalankan puasa.

Tetap minumlah air sebanyak 2 L atau 8 gelas setiap hari dan makan makanan yang mengandung banyak air serta konsumsi buah-buahan agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tetap terpenuhi selama menjalankan ibadah puasa.

Kurangi teh dan kopi saat sahur karena sifat diuretik teh dan kopi dapat membuat kita mengeluarkan lebih banyak cairan yang seharusnya dapat kita simpan selama berpuasa untuk menghindari dehidrasi

Bagilah jadwal makan Anda menjadi tiga waktu, yaitu saat berbuka puasa, konsumsi makanan ringan saat malam, dan saat sahur.

Segera berbuka dengan makanan atau minuman terlebih dahulu seperti buah, salad, atau minuman manis dengan porsi secukupnya untuk memulihkan gula darah dan energi dengan cepat sebelum makan besar. Setelah itu, baru dapat dilanjutkan dengan porsi sedang dengan gizi seimbang.

Tetap memperhatikan asupan makanan gizi seimbang, dengan mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih. Tetap hadirkan, sayur, buah, dan sumber protein hewani maupun nabati dengan jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan dalam konsumsi makan sahur dan berbuka puasa.

Baca Juga   Cara Mencegah Diabetes Yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

Ragam Menu Ramadhan Sehat

Berikut adalah beberapa makanan bergizi yang tidak boleh ditinggalkan, baik saat berbuka puasa maupun sahur bersama keluarga di rumah:

 

 

1. Makanan atau minuman manis

Tidak ada salahnya jika menyajikan makanan atau minuman manis dalam porsi secukupnya sebagai menu pembuka saat berbuka puasa. Hal ini karena makanan atau minuman manis, seperti sirop, teh manis, buah kurma, atau melon, dinilai dapat mengembalikan energi dalam tubuh.

Tapi, ingat, porsi makanan manis yang dikonsumsi tidak boleh terlalu banyak ya, Bun. Konsumsi secukupnya saja, agar terhindar dari masalah kesehatan akibat kelebihan kadar gula darah.

 

 

2. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sebagai pasokan energi, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian berpuasa. Jenis makanan yang disajikan bisa berupa nasi merah atau roti gandum.

 

 

3. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan merupakan kelompok makanan yang kaya akan nutrisi di dalamnya, mulai dari mineral, serat, hingga vitamin. Jadi, selama Ramadhan, usahakan agar Bunda dan keluarga tetap mengonsumsi sayur dan buah ya. Selalu sajikan buah dan sayur, baik saat berbuka puasa maupun sahur.

 

 

4. Ikan dan daging

Jangan lupa untuk memasukkan makanan berprotein ke dalam daftar menu di rumah ya, Bunda. Protein berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Pilihlah protein rendah lemak, seperti ikan, ayam tanpa kulit, atau daging tanpa lemak.

Baca Juga   Tips Terapi Mental Anak Remaja

Demi menjaga kesehatan jantung, hindari makanan yang banyak mengandung lemak, seperti gorengan, sop buntut, sate, daging sosis, jeroan, daging kambing, daging bebek, pizza, burger, dan masakan bersantan.
Anjuran Saat Berbuka Puasa bagi Ibu Hamil

 

 

Khusus untuk ibu hamil, berikut adalah beberapa beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berbuka puasa:

Pastikan Bumil memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi kacang-kacangan, polong-polongan, atau daging dan telur yang dimasak hingga Asupan ini akan membantu janin berkembang dengan baik.
Pilih makanan yang sehat dibandingkan makanan tinggi lemak.

Upayakan untuk minum 1,5-2 liter air putih di antara waktu berbuka hingga imsak. Hindari minuman berkafein, seperti kopi dan teh, karena memiliki sifat diuretik yang akan membuat Bumil lebih sering buang air kecil dan berisiko mengalami dehidrasi.

Jangan memaksakan diri untuk berpuasa. Puasa tidak direkomendasikan bagi ibu hamil jika berisiko bagi kesehatan janin maupun ibu hamil sendiri. Jadi, sebelum berpuasa, tanyakan dulu kepada dokter.

Agar Bunda sekeluarga bisa berpuasa dengan lancar, selalu siapkan menu sehat saat bulan Ramadhan ya, Bun. Selain itu, hindari melewatkan sahur, makan secara berlebihan saat berbuka, dan kurang minum.

Jika ada anggota keluarga yang memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, konsultasikanlah dulu dengan dokter sebelum mulai berpuasa, agar dokter dapat memberikan saran mengenai menu Ramadhan yang aman untuk disajikan dan mengatur ulang jadwal konsumsi obat.

Share :

Baca Juga

Kebugaran Rumah

Kesehatan

DVD Kebugaran Rumah Adalah Alat Latihan yang Berharga
Cara Mencegah Diabetes

Kesehatan

Cara Mencegah Diabetes Yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini
Tips diet saat puasa untuk menurunkan berat badan

Kesehatan

Tips diet saat puasa untuk menurunkan berat badan
Jenis Olahraga

Kesehatan

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah saat Pandemi Corona
Makanan Sehat

Kesehatan

Cara Membuat Pilihan Makanan Sehat
Sleep Apnea

Kesehatan

Panduan Penting Mengatasi Sleep Apnea (Susah Tidur)
Intensitas Latihan

Kesehatan

Menentukan Intensitas Latihan
Pernapasan Yang Baik

Kesehatan

7 Kunci Kesehatan Dengan Pernapasan Yang Baik