Home / Kesehatan

Rabu, 2 Juni 2021 - 15:40 WIB

Cara Mencegah Diabetes Yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

Penyakit diabetes melitus yang ditandai oleh naiknya kadar gula dalam darah. Penyebabnya bisa terkait dengan faktor keturunan hingga obesitas. Pencegahan diabetes tipe 1 sulit dilakukan karena berhubungan dengan faktor genetik. Sementara itu, diabetes tipe 2 yang awalnya berasal dari gaya hidup tidak sehat masih bisa dikunjungi. Cara untuk mencegah diabetes ini adalah dengan menjaga kadar gula darah tetap normal.

Ungkapan “mencegah lebih baik daripada mengobati” memang benar adanya. Pasalnya, penyakit diabetes adalah penyakit yang membutuhkan perawatan seumur hidup. Maka dari itu, penting untuk melakukan langkah pencegahan diabetes mulai dari sekarang.

Cara mencegah diabetes melitus

Naiknya kadar gula dalam darah pada diabetes tipe 2 berawal dari kondisi resistensi insulin. Kondisi ini menyebabkan hormon insulin tidak dapat digunakan secara optimal oleh sel-sel tubuh.

Padahal insulin bekerja membantu sel-sel menyerap gula darah (glukosa) untuk selanjutnya diubah menjadi energi.

Namun, sekitar 9 dari 10 kasus diabetes tipe 2 dapat dihindari dengan pencegahan sederhana yang meliputi perubahan gaya hidup.

Dengan menjalani pola hidup yang lebih sehat, sensitivitas sel tubuh terhadap insulin dapat meningkat sehingga mencegah terjadinya resistensi insulin.

Berikut ini adalah cara perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes:

Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga glukosa atau gula yang dikonsumsi tidak diolah.

Sementara itu, diabetes tipe 2 adalah kondisi saat tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Di luar itu, diabetes juga dapat terjadi di masa kehamilan (diabetes gestasional).

Apa pun tipenya, penyakit ini kemudian dapat menyebabkan kadar gula (glukosa) darah menjadi tinggi. Jika berkepanjangan, gula darah tinggi yang tidak terkontrol ini dapat menimbulkan sejumlah komplikasi yang berbahaya.
Kiat Tepat Meghan Diabetes

Baca Juga   Tips Pola Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Menjalankan Ibadah Puasa Ditengah Pandemik COVID-19

Penyebab diabetes tipe 1 belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini berkaitan dengan penyakit autoimun, kelainan genetik, dan faktor keturunan. Karena belum diketahui secara pasti, maka pencegahannya pun belum dapat dipastikan.

Sementara itu, diabetes tipe 2 diketahui berkaitan dengan faktor genetik, pola hidup tidak sehat, obesitas, dan resistensi insulin.

Untuk mencegah penyakit diabetes, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

1.Menerapkan pola makan sehat

Menjalani pola makan sehat adalah salah satu kunci utama untuk terhindar dari diabetes. Agar tidak terkena diabetes, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, kalori, dan lemak, misalnya makanan, olahan, es krim, dan makanan saji. Untuk mengurangi risiko terkena diabetes, batasi asupan gula harian sebesar 40 gram atau setara dengan 9 sendok teh gula.

Sebagai, perbanyak konsumsi sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian yang mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks. Pencegahan dengan bahan herbal bisa dilakukan dengan memanfaatkan kulit buah manggis.

Jika Anda suka ngemil rendah, sebaiknya pilih camilan sehat, seperti susu, yoghurt lemak dan gula, serta kacang-kacangan yang tanpa garam. Selain itu, hindari minuman bersoda atau jus buah kemasan yang memiliki kadar gula tinggi dan perbanyaklah minum air putih.

2. Menjalani olahraga secara rutin

Rutin berolahraga memiliki banyak manfaat, salah satunya mencegah tubuh terkena diabetes. Olahraga rutin dapat membantu tubuh menggunakan hormon insulin dengan lebih, sehingga kadar gula dalam darah dapat lebih terkontrol secara efektif.

Sempatkan waktu Anda untuk berolahraga minimal 30 menit sehari. Olahraga jenis apa pun, asalkan dilakukan dengan rutin, bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah diabetes.

3. Menjaga berat badan ideal

Berat badan ideal dapat ditentukan menggunakan kalkulator BMI (body mass index). Jika nilai BMI tubuh Anda tinggi hingga melebihi batas normal, maka Anda bisa saja mengalami obesitas. Kondisi ini merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes.

Baca Juga   Lima Penyakit Dan Kondisi Kesehatan

Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal dengan rutin olahraga dan menjalani pola makan sehat yang seimbang.

4. mengelola stres dengan baik

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat meningkatkan risiko untuk terkena diabetes. Hal ini karena saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Tidak hanya itu, saat stres tubuh juga akan cenderung lebih mudah lapar dan terdorong makan lebih banyak. Oleh sebab itu, Anda harus pandai dalam mengelola stres agar tidak melampiaskannya pada makan atau ngemil secara berlebihan.

5. melakukan pengecekan gula darah secara rutin

Untuk menilai kadar gula darah, Anda perlu melakukan pemeriksaan gula darah secara berkala ke dokter.

Tes gula darah ini mungkin perlu didahului dengan setidaknya 10 jam sebelum pemeriksaan dilakukan. Tes gula darah penting dilakukan untuk memonitor kadar gula darah dan mendeteksi dini penyakit diabetes.

Bagi Anda yang sehat dan tidak berisiko tinggi terkena diabetes, maka pemeriksaan gula darah dapat dilakukan setahun sekali.

Namun, jika Anda memiliki faktor risiko tinggi untuk terkena diabetes, seperti berusia 40 tahun ke atas, memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke, obesitas, atau memiliki anggota keluarga yang juga penderita diabetes, maka dokter mungkin akan menyarankan tes gula darah lebih sering.

Di samping melakukan langkah di atas, Anda juga perlu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat lainnya dengan berhenti merokok, membatasi minuman beralkohol atau bersoda, serta tidur yang cukup setidaknya 7 jam setiap hari.

Selain menjalani beberapa langkah pencegahan diabetes di atas, Anda juga bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang dapat terhindar dari diabetes.

Share :

Baca Juga

Terapi mental anak remaja

Kesehatan

Tips Terapi Mental Anak Remaja
Blueberry

Kesehatan

Manfaat Buah Blueberry yang Jarang Orang Ketahui
Sajian Menu Ramadhan yang Sehat untuk Keluarga

Kesehatan

Sajian Menu Ramadhan yang Sehat untuk Keluarga
Jenis Olahraga

Kesehatan

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah saat Pandemi Corona
Tips diet saat puasa untuk menurunkan berat badan

Kesehatan

Tips diet saat puasa untuk menurunkan berat badan
Makanan Sehat

Kesehatan

Cara Membuat Pilihan Makanan Sehat
Tips Pola Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Menjalankan Ibadah Puasa Ditengah Pandemik COVID-19

Kesehatan

Tips Pola Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Menjalankan Ibadah Puasa Ditengah Pandemik COVID-19
Obesitas Dan Kegemukan

Kesehatan

Lima Penyakit Dan Kondisi Kesehatan