Home / Kesehatan

Senin, 21 Juni 2021 - 10:17 WIB

7 Kunci Kesehatan Dengan Pernapasan Yang Baik

7 Kunci Kesehatan Dengan Pernapasan Yang Baik : Slogan yang sangat umum di kalangan penderita asma adalah “Ketika Anda tidak bisa bernapas, tidak ada lagi yang penting”, mengacu pada keputusasaan seseorang yang tidak bisa menghirup udara yang memberi kehidupan.

Apakah udara yang memberi kehidupan adalah cerita lengkap tentang pernapasan? Artikel ini mengambil saran pernapasan umum dan memberikan alasan kemanjurannya. Ini melangkah lebih jauh dan memberikan elemen penting dalam teknik pernapasan untuk kesehatan yang lebih baik.

Bernapas mungkin merupakan salah satu perilaku otonomi yang paling terintegrasi secara terpusat yang menjangkau jauh melampaui pengisian sederhana paru-paru. Garcia AJ menulis pada tahun 2011:

“Pernapasan muncul melalui interaksi jaringan kompleks yang melibatkan neuron yang didistribusikan ke seluruh sistem saraf. Jaringan penghasil ritme pernapasan terdiri dari jaringan mikro yang berfungsi dalam jaringan yang lebih besar untuk menghasilkan ritme dan pola berbeda yang menjadi ciri pernapasan.”

Hasil penelitian Garcia paling baik dapat diamati ketika seseorang dipengaruhi oleh emosi yang kuat seperti rasa takut & marah.

Saran utama untuk bernapas adalah mengesampingkan kontrol otonom dan secara sadar menarik napas dalam-dalam melalui hidung dan menghembuskan napas melalui mulut perlahan dengan bibir mengerucut.

Dr Carla Naumburg PhD dari ketenaran ‘Ready, Set, Breathe’ menyarankan latihan pernapasan membawa perhatian ke dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengingat untuk bernapas, terciptalah ruang untuk memulihkan ketenangan dan menurunkan tekanan darah dan hormon stres sehingga menciptakan peluang untuk mengendalikan situasi.

Profesor Konstantin Buteyko (Rusia 1923-2003) dikreditkan untuk teknik yang ditandai dengan pernapasan lambat dan berkurang dikombinasikan dengan jeda spasi tanpa pernapasan yang memungkinkan Karbon Dioksida menumpuk hingga titik meledak.

Pernapasan adalah komponen yang relevan dari latihan Yoga. Teknik pernapasan yoga biasanya menyertai pose yang berbeda atau beberapa bentuk meditasi. Dengan demikian sulit untuk memisahkan dan menganggap hasil dari pernapasan, pose atau meditasi.

Pandit JJ, pada tahun 2003 menguji 3 teknik pernapasan untuk penyerapan Oksigen yang optimal, sebagai berikut:

1. Tiga (3) menit pernapasan pasang surut

2. Empat (4) napas dalam yang diambil dalam waktu 30 detik

3. Delapan (8) napas dalam yang diambil dalam waktu 60 detik

Penyerapan Oksigen sama untuk Item 1. & 3 dan kemanjuran yang lebih tinggi daripada untuk Item 2. Karyanya menggambarkan bahwa teknik pernapasan itu penting.

Masukkan Nitric Oxide (NO), gas tidak berwarna dengan waktu paruh hanya beberapa detik. Nitric Oxide (NO) dinobatkan sebagai “molekul tahun ini” pada tahun 1994 oleh Majalah Science.

Baca Juga   Cara Membuat Pilihan Makanan Sehat

Pada tahun 1998 Institut Karolinska memberikan hadiah Nobel kepada ahli farmakologi AS Robert F. Furchgott, PhD, Ferid Murad, MD, PhD, dan Louis J. Ignarro, PhD untuk penemuan mereka tentang peran Nitric Oxide (NO) sebagai molekul sinyal dalam sistem kardiovaskular.

NO melemaskan otot polos di arteri yang menyediakan area aliran darah yang lebih besar, sehingga mengurangi tekanan darah dan membawa lebih banyak nutrisi ke tempat yang dibutuhkan. Pentingnya NO dalam fungsi tubuh manusia tidak dapat dilebih-lebihkan.

Meskipun 1000-an makalah penelitian telah ditulis, penelitian dunia terus berjalan. NO berimplikasi pada kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, kualitas tidur yang lebih baik dan bahkan disfungsi ereksi.

NO diproduksi di sinus, yang terbesar adalah sinus maksilaris di kedua sisi hidung. Mereka adalah ruang tertutup kecuali untuk pembukaan jaringan lunak kecil yang disebut ossium yang membuka saluran udara penciuman.

Tidak ada cara yang benar atau salah untuk bernapas – fungsi otak otonom memastikan bahwa Anda mendapatkan oksigen yang cukup ke dalam sistem Anda. Namun, ada cara untuk bernapas untuk mendapatkan NO maksimum ke dalam sistem Anda. Berikut adalah 7 petunjuk untuk membantu memasukkan gas luar biasa ini ke dalam aliran darah Anda.

1. BERNAPAS CEPAT MELALUI HIDUNG.

Rambut hidung dan saluran hidung yang menyempit memastikan ada tekanan negatif di saluran udara. Vakum parsial ini menyebabkan sinus mengirimkan sejumlah kecil udara yang mengandung NO ke dalam napas yang Anda hirup. Semakin keras Anda bernapas, semakin banyak NO yang dihasilkan sinus.

2. BLOK SATU NOSTRIL DAN NAPAS.

Memblokir satu lubang hidung dan pada gilirannya lubang hidung lainnya akan meningkatkan vakum parsial untuk menyebabkan udara yang mengandung NO disuntikkan ke dalam napas yang Anda hirup.

3. BLOKIR KEDUA NOSTRIL DAN COBALAH BERNAPAS.

Tutup kedua lubang hidung dan coba tarik napas. Ini menciptakan jumlah vakum terbesar dalam sistem pernapasan Anda yang memungkinkan udara yang mengandung NO dihisap dari sinus. Tentu saja Anda hanya dapat melakukan ini untuk waktu yang singkat sebelum melanjutkan pernapasan normal.

4. HEMBUSKAN NAFAS DALAM- DALAM MELALUI MULUT.

NO membutuhkan waktu untuk diserap ke dalam aliran darah Anda. Oleh karena itu, menahan napas selama itu baik adalah hal yang baik. Atau hembuskan napas perlahan untuk memberikan waktu bagi paru-paru untuk menyerap NO.

Baca Juga   Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah saat Pandemi Corona

5. BERSENANG ATAU BERNYANYI

Lundberg et al menunjukkan pada tahun 2003 bahwa bersenandung meningkatkan NO yang dihembuskan sebesar 700%. Peneliti lain menemukan peningkatan yang lebih besar pada NO yang dihembuskan selama bersenandung. Masalahnya adalah sulit untuk menarik napas saat bersenandung. Jadi urutan yang disarankan adalah bersenandung selama 3 detik lalu segera tarik napas..

6. Pura-Pura MENDENGKUR

Untuk mengatasi masalah bersenandung dan menghirup secara bersamaan, disarankan untuk berpura-pura mendengkur, membuat suara seolah-olah Anda sedang mendengkur. Frekuensi suara mendengkur berada dalam kisaran frekuensi alami sinus maksilaris sekitar 110 hingga 350 Hz. Membiarkan sinus maksilaris beresonansi akan mengalirkan udara yang mengandung NO ke dalam volume napas yang dihirup. Karena mendengkur adalah manuver menghirup NO akan mencapai paru-paru dalam volume yang lebih besar.

7. MANUVER VALSALVA

Selama prosedur penurunan di pesawat sakit kepala sering dihindari dengan menggunakan manuver Valsava. Manuver ini melibatkan menutup kedua lubang hidung saat mencoba untuk menghembuskan napas sampai gendang telinga ‘pop’. Ini memiliki efek menekan sinus yang pada inhalasi berikutnya melepaskan tekanan dan menyuntikkan udara NO-sarat ke saluran udara penciuman.

FAQ

A. NO di sinus adalah sumber daya yang terbatas dan dapat habis. Bagaimana itu bisa diisi ulang? Makan banyak makanan kaya Nitrat misalnya Bit, Fenugreek, dll dan memberikan waktu tubuh Anda untuk mengubah Nitrat menjadi NO.

B. Mengapa tidak menghirup gas NO seperti yang mereka lakukan untuk bayi dengan hipertensi pulmonal? Dosis NO dalam pengaturan medis dikontrol dengan hati-hati. Paparan NO pada hewan telah menyebabkan kantuk, ketidaksadaran dan kematian.

C. Mengapa tidak duduk di area lalu lintas tinggi dan menghirup NO yang dihasilkan oleh mobil? Gas buang kendaraan bermotor memang mengandung NO. Namun, gas buang adalah campuran beracun dari gas lain seperti Karbon Monoksida. Risiko keracunan jauh lebih besar daripada manfaat yang bisa diperoleh.

Setelah sekitar 5 tahun membeli pakaian wanita dari China, India, Thailand, Bangladesh dan Indonesia, kami menemukan kebutuhan untuk memastikan pasokan sesuai dengan yang berikut:

• Tidak ada pekerja anak

• Tanpa pewarna Azo yang menyebabkan kanker

• Tidak ada bahan kimia pemrosesan keras yang merusak lingkungan.

• Kain dari sumber terbarukan

• Kain tahan api alami

Kami melangkah lebih jauh, dan bertanya pada diri sendiri:

Apa yang bisa kita tambahkan ke rangkaian pakaian kita yang meningkatkan kesehatan pemakainya?

Share :

Baca Juga

Cara Mencegah Diabetes

Kesehatan

Cara Mencegah Diabetes Yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini
Sleep Apnea

Kesehatan

Panduan Penting Mengatasi Sleep Apnea (Susah Tidur)
Terapi mental anak remaja

Kesehatan

Tips Terapi Mental Anak Remaja
Blueberry

Kesehatan

Manfaat Buah Blueberry yang Jarang Orang Ketahui
Tips Pola Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Menjalankan Ibadah Puasa Ditengah Pandemik COVID-19

Kesehatan

Tips Pola Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Menjalankan Ibadah Puasa Ditengah Pandemik COVID-19
Kebugaran Rumah

Kesehatan

DVD Kebugaran Rumah Adalah Alat Latihan yang Berharga
Sajian Menu Ramadhan yang Sehat untuk Keluarga

Kesehatan

Sajian Menu Ramadhan yang Sehat untuk Keluarga
7 Rahasia Diet Artis

Kesehatan

7 Rahasia Diet Artis